Tentang Saya

Selasa, 14 Juni 2016

 

TIPS dan TRIK menghadapi ujian

Bagi mahasiswa farmasi yang mau ujian, silahkan simak tips-tips berikut ini, semoga bisa membantu.
1. membuat ringkasan materi
Cara ini dilakukan untuk materi-materi kuliah yang butuh banyak menghafal. Dengan adanya catatan yang lebih ringkas, maka proses menghafal pun akan jadi lebih mudah
2. bertanya tipe soal
Tanyakan pada dosen, apakah soalnya berbentuk multiple choice atau esai, open book atau close book, dikerjakan di tempat atau take home assignment. Hal tersebut membuat kita menjadi lebih siap menghadapi soal.
3. belajar dalam kelompok
Satu mata kuliah materinya bejibun, kalau belajar sendiri dijamin gampang pusing. Teman untuk berdiskusi saat belajar diperlukan untuk mgnurangi rasa jenuh karena kita bisa bercanda di sela-sela belajar, bisa bertukar pikiran, saling bertanya, dan saling mengingatkan. Belajarlah bersama orang yang ikhlas untuk berbagi, bukan dengan orang yang pintar tapi pelit. Pengalaman saya pernah dicuekin ketika bertanya dan tidak diperbolehkan melihat catatan milik orang yang pintar tapi pelit tersebut. he he he… Perjuangan bersama-sama sekarang akan menjadi kenangan indah di masa yang akan datang. Syarat belajar kelompok yang baik, tiap anggota dalam kelompok sudah belajar mandiri, baru kemudian ketika bertemu tinggal bertukar pikiran.
4. jangan biarkan stress mengganggu
Ketika stress mengganggu maka otak akan bekerja pada frekuensi yang lebih tinggi. Akibatnya, susah menghafal, susah berkonsentrasi, hingga akhirnya akan menjadi susah dalam menjawab. Usahakan pikiran serileks mungkin.
5. Batasi jam belajar
Selama satu hari, tidak mungkin bisa berkonsentrasi penuh. Maksimal konsentrasi penuh adalah 2 jam di pagi hari. Jadi jangan belajar sistem kebut semalam. Belajarlah hal-hal yang perlu saja.
6. Cari contoh soal
Dosen biasanya mengeluarkan soal yang itu-itu saja, jadi usahakan untuk mencari soal dari kakak angkatan atau melobi bagian akademik untuk bisa mendapatkan contoh soal.. he he he he..Usahakan dapat contoh soal dari tahun yang terbaru.
7. Ketika menjawab ujian
Untuk ujian multiple choice ya harus membaca petunjuknya, dilingkari atau disilang. Tapi untuk soal essay, usahakan ditulis rapi, runtut, dan mengena dengan kalimat yang baik. Jawaban essay tidak perlu panjang lebar, cukup membahas soal yang ditanyakan saja.
8. Mencontek??
Kalau mau Indonesia bebas korupsi jangan dibiasakan mencontek ya. he he he….
9. Tulis satuan
Mata kuliah yang menggunakan hitungan seperti misalnya farmasetika, analisis farmasi, kimia farmasi, farmakokinetik, dll… soal ujiannya pasti berupa hitungan. Usahakan ditulis tiap stepnya dengan mencantumkan satuan, karena kalau tidak… walaupun angkanya benar dosen pasti akan menyalahkan

https://kuliahdankuliah.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar